Senin, 26 Agustus 2013

480 CALEG BEREBUT 45 KURSI DEWAN OKI


IRDESS, KAYUAGUNG, OKI - Jabatan menjadi seorang anggota dewan yang duduk di kursi parlemen sepertinya tak pernah sepi dari peminat, walaupun untuk bisa duduk di kursi wakil rakyat tersebut butuh dana yang tidak sedikit, dan itupun belum tentu mereka yang berkantong tebal pasti terpilih menjadi anggota dewan.
Salah satunya di Kabupaten OKI, sebanyak 480 calon legislative (Caleg)  dari berbagai partai politik yang sudah masuk daftar calon tetap (DCT) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten OKI, mereka yang akan bersaing ketat untuk memperebutkan 45 kursi dewan pada pemilihan legislatif tahun 2014 mendatang.
Ketua KPU OKI, Abdul Hamid Usman, melalui Kasubag Humas dan teknis Pemilu Dedi Irawan, mengatakan,  sesuai DCT yang telah ditetapkan sebanyak 480 calon anggota legislatif, akan berkompetisi. “Pileg nanti ada 12 partai politik yang berkompetisi untuk memperebutkan kursi parlemen di DPRD Kabupaten OKI,” kata Dedi.
Lanjut dia, 480 Caleg yang sudah masuk DCT ini sebelumnya sudah dilakukan uji publik saat masih dalam masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Saat dilakukan uji publik ternyata tidak ada sanggahan atau pengaduan dari masyarakat selama masih DCS, hingga akhirnya sampai sekarang sudah ditetapkan DCT sebanyak 480 orang,” terangnya.
Proses pemilihan sendiri dibagi menjadi 5 daerah pemilihan (dapil), untuk dapil 1  meliputi kecamatan Kayuagung, Tulung Selapan, Teluk Gelam, Pedamaran, dan Pedamaran timur. Kemudian Dapil 2 meliputi kecamatan SP Padang, Pampangan, Jejawi, Pangkalan Lampam. Kemudian Dapil 3 meliputi kecamatan Tulung Selapan, Air Sugihan dan Cengal. Dapil 4 meliputi kecamatan Mesuji, Mesuji Makmur, Mesuji Raya dan Sungai Menang. Terakhir Dapil 5 meliputi kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya.
Sementara itu, partai Hanura Kabupaten OKI mengirim sebanyak 42 Caleg untuk bertarung di 5 Dapil di Kabupaten OKI. Pada Pileg 2014 mendatang ditargetkan meraih suara dukungan sebanyak-banyaknya. “Bila pada Pileg 2009 mampu mendapatkan 4 kursi, tentunya Pileg mendatang menargetkan meraih kursi lebih daripada itu,” kata Ketua DPC OKI Juni Alpansuri.
Menurut Juni, Hanura OKI merupakan salah satu dari belasan partai yang sudah siap menghadapi Pileg mendatang. Catatan dia, untuk di OKI hanya baru Hanura yang sudah melakukan persiapan dengan memperkuat konsolidasi antar kader dan seluruh Caleg.
“Kami sudah menyiapkan 42 orang Caleg untuk bersaing. Target minimal, setiap Dapil di OKI kami harus ada kader Hanura yang menang. OKI terbagi menjadi 5 Dapil, jadi target terkecil kami nantinya ada 5 Caleg Hanura yang terpilih,” tambahnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar