Senin, 19 Agustus 2013

WASPADAI PENYAKIT DIARE


IRDESS, INDRALAYA, OI – Pasca Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Oga Ilir meminta masyarakat di Bumi Caram Seguguk untuk lebih mewaspadai penyakit diare. Pola makan yang tidak teratur berpotensi besar terserang berbagai penyakit, seperti diare.
“Penyakit diare ini menyerang ke segala usia sehingga perlu diwaspadai sedemikian rupa. Ya, biasanya penyakit diare akan menyerang orang-orang yang pola makannya tidak teratur,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Ogan Ilir, Hendra Kudeta, Rabu (14/8).
Setelah puasa dan Lebaran, kata Hendra, rata-rata masyarakat cenderung terserang penyakit diare. Kendatipun demikian, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk dari 25 puskesmas yang ada di Ogan Ilir, terkait pasien yang terserang penyakit diare pasca Lebaran.
“Penyakit diare ini bukan saja menyerang anak-anak, melainkan pula remaja, dewasa, hingga orang tua. Tidak ada batasan umur apabila terserang penyakit diare ini,” bebernya.
Sebagai antisipasi agar masyarakat tidak terserang penyakit tersebut, kata dia, pihaknya meminta masyarakat untuk dapat menjalankan pola hidup sehat setiap hari dengan mengkonsumsi makanan yang higienis.
Dia mengaku, biasanya pasca Lebaran, kebanyakan orang tanpa ragu langsung menyantap makanan apapun. Padahal pola makan demikian sarat dengan berbagai penyakit yang tak diketahui.
“Pola makan juga harus diperhatikan agar tidak terserang penyakit diare. Ya, bagi individu yang memiliki ketahanan tubuh lemah dimungkinkan akan cepat sekali terserang penyakit itu,” terangnya.
Dia melanjutkan, langkah lain mengantisipasi membludaknya pasien penyakit diare ialah dengan menyediakan obat-obatan seperti infuse cairan maupun oralit dan lain-lainnya.
“Untuk stok obat-obatan dirasa sudah mencukupi. Bila nantinya dirasa kurang akan di-droping atau dibantu provinsi maupun pusat. Untuk obat ini tergantung permintaan dari puskesmas masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” jelas dia.
Terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ogan Ilir Hj Siska mengakui, pasca Lebaran biasanya penyakit diare mendominasi di Puskesmas Indralaya. “Untuk di rumah sakit baru sedikit yang berobat, yang kita tangani penyakit batuk, pilek, dan diare. Unutk mengantisipasi penyakit diare ini kita harus menjaga pola makan, ini yang harus diperhatikan agar tidak terserang penyakit ini. Ya, bagi individu yang memiliki ketahanan tubuh lemah dimungkinkan akan cepat sekali terserang penyakit diare,” kata mantan Kepala Puskesmas Indralaya ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar