Senin, 19 Agustus 2013

PEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR DIMINTA ANTISIPASI ANOMALI ALAM


IRDESS, INDRALAYA, OI – Terjadinya fenomena alam berupa angin kencang serta hujan deras di kawasan Ogan Ilir (OI), sering muncul mendadak dan menimbulkan kerugian warga. Pemkab Ogan Ilir pun diminta melalukan upaya antisipasi menghadapi anomali alam tersebut.
Permintaan tersebut diutarakan warga yang pernah mengalami kerugian akibat ‘serangan’ alam tersebut. Seperti terjadi beberapa waktu lalu, hujan deras disertai angin kencang membuat banyak atap rumah berterbangan di Kecamatan Indralaya dan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI).
Banyak atap rumah rusak, terutama yang terbuat dari seng ataupun awning. Salah satunya menimpa rumah Muhlis di Jalinsum Indralaya Utara, atap warung sekaligus rumahnya ambruk.
“Kalau atap warung kan dari awning jadi mudah lepas dan ambruk, gara-gara hujan angin ini saya rugi Rp3 juta lah, soalnya buat beli awning baru, untungnya hanya teras warung yang kena. Saya juga tidak paham ada fenomena alam apa, soalnya jarang terjadi seperti ini,” ujarnya.
“ Ia pun berharap ada antisipasi pihak terkait terhadap persoalan anomali alam tersebut, yang saat ini tidak bisa diprediksi datangnya.
Senada Muhlis, Gery, warga Desa Tanjung Pering, juga mengeluhkan hal sama. Menurut dia, hujan deras disertai angin kencang membuat seng atap garasinya terbuka. “Seng kan mudah nga-ngap jadi mudah rusak. Apalagi angin kencang seperti ini, ya terpaksa diganti seng baru. Harusnya banyak menanam pohon agar lebih banyak penghijauan,” katanya.
Sementara warga Desa Lorok, Jamilah, mengaku meski rumahnya aman dari terpaan hujan angin, namun banyak pohon tumbang di sekitar rumahnya. “Untungnya pohon besar di sebelah rumah tidak menimpa atap. Alhamdulillah, banyak-banyak bersyukur kita,” imbuhnya.
Terpisah, Kepala Dinas Sosial H Syarkowi mengatakan, hujan deras disertai angin yang beberapa waktu lalu melanda, tidak menimbulkan korban jiwa. “Alhamdulillah tidak ada korban, bahkan hingga kini belum ada laporan rumah rusak,” kata dia singkat.   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar