Sabtu, 04 Januari 2014

HUMAN ERROR DOMINASI LAKALANTAS DI OI


IRDESS, INDRALAYA, OI – Berdasarkan data dari Satuan Lalulintas Polres Ogan Ilir (OI). Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) sepanjang tahun 2013 ini, sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tercatat sejak Januari hingga Desember 2013, peristiwa terjadinya Lakalantas sebanyak 188 kasus baik kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan perincian diantaranya yakni sebanyak 83 korban meninggal dunia, 128 luka berat, kemudian 127 luka ringan.
Sedangkan di tahun 2012 lalu, sebanyak 218 peristiwa Lakalantas, dengan rincian sebanyak 92 korban meninggal dunia, 103 luka berat dan sebanyak 197 luka ringan. Tentu saja, perbandingan angka Lakalantas antara tahun lalu dengan sekarang, cukup menurun.
”Kecelakaan tersebut, didominasi dari faktor kesalahan manusia itu sendiri yang tidak disiplin dalam berkendara (human error),” ujar Kasat Lantas Polres OI, AKP Arman Sahti, kemarin.
Menurut dia, angka korban meninggal dunia tersebut, didominasi dari para penumpang seperti Bus, Travel, maupun kendaraan pribadi. Dia mengimbuhkan, wilayah OI berada diantara dua jalur yakni lintas Sumatera dan Lintas Timur, terjadinya Lakalantas cukup dominan diantara dua jalur tersebut.
Untuk menekan terjadinya Lakalantas katanya, perlu adanya kesadaran kepada masing-masing pengguna jalan raya agar disiplin dalam berkendara dan mematuhi peraturan rambu lalulintas, maupun kesadaran dari pihak Pemerintah. ”Tidak bisa diselesaikan semuanya kepada Polisi Lalulintas,” ungkapnya.
Angka kecelakaan, selain didominasi faktor kesalahan manusia (Human Error), juga adanya kondisi jalan yang banyak berlubang bahkan jarak trotoar ke badan jalan pun terlihat masih tinggi. Kemudian lanjut Arman, kondisi jalan dari simpang Musi II hingga ke Km 32 pun, masih banyak terdapat lubang. ”Hal ini lah perlu adanya peran pihak pemerintah, seperti memperbaiki jalan raya,” terangnya.
Lebih jauh katanya, pada tahun 2014 nanti pihaknya akan segera mengintensifkan kegiatan patroli agar kondisi arus lalulintas baik dari arah Palembang-Indralaya, maupun Prabumulih-OI dan perbatasan Kayuagung.
Satlantas Polres OI juga sudah memasang sebanyak 3 kamera CCTV di 3 sudut diantaranya yakni satu titik dari arah Palembang, Prabumulih, Pasar Indralaya. ”Rencananya nanti akan dimaksimalkan lagi di Pos Pantau Satlantas Polres OI Km 22,” imbuhnya.
Pemasangan kamera CCTV tersebut lanjutnya, sudah sejak satu bulan yang lalu, dan langsung terkoneksi ke Handphone Selluler AKP Arman Sahti melalui jaringan GPS. ”Tujuannya, untuk memantau arus lalulintas agar tidak terjadinya kemacetan,” tukasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar