Rabu, 28 Agustus 2013

4 BULAN TUNTASKAN 5.000 AKTE KELAHIRAN


IRDESS, INDRALAYA, OI – Selama empat bulan terakhir atau setelah keluarnya keputusan perihal pembuatan akte kelahiran, Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ogan Ilir (OI) berhasil menyelesaikan atau menuntaskan tidak kurang dari 5.000 akte kelahiran.
Kepala Kantor Dukcapil OI melalui Drs Syamsul Rahman, MM, Kabid Catatan Sipil, mengatakan, dalam seminggu pihaknya bisa menyelesaikan antara 300 sampai 350 lembar akte atau 1.400 lembar dalam satu bulan.
“Paling tidak, sejak Mei hingga sekarang kami bisa menyelesaikan 5.000 lembar akte kelahiran,” ujar Syamsul di ruang kerjanya, Selasa (27/8).
Dalam melakukan pelayanan, khususnya dalam pembuatan akte kelahiran, menurut dia, tidak ditemukan kendala yang berarti, termasuk blangko akte kelahiran. “Ya, kita memiliki stok blangko yang banyak,” ujar dia.
Tak hanya itu, lanjutnya, dengan mempunyai tenaga operator tiga orang dilengkapi peralatan atau perangkat yang cukup dan canggih, sangat menunjang kinerja pembuatan akte kelahiran. “Jadi tidak ada alasan untuk menunda dalam hal mencetak akte kelahiran ini,” imbuhnya.
Melihat animo masyarakat cukup tinggi dalam hal pembuatan akte kelahiran, kata Syamsul, karena masyarakat sekarang sudah mengerti betapa pentingnya akte kelahiran. Paling tidak dari masyarakat Ogan Ilir lebih dari 50 persen sudah mempunyai akte kelahiran.
Disinggung membludaknya masyarakat membuat akte kelahiran, Syamsul menjelaskan, biasanya terjadi pada tahun ajaran baru. Saat itu permintaan masyarakat lebih tinggi dari hari biasa, karena para orangtua membutuhkan akte kelahiran anaknya yang akan masuk sekolah.
Untuk itu, lanjut Syamsul, pihaknya berharap masyarakat sadar akan perlunya selembar akte kelahiran, apalagi pembuatan akte kelahiran berlaku satu kali seumur hidup dan kegunaannya sangat banyak. “Ya mengingat akte kelahiran merupakan dokumen penting bagi jati diri seseorang,” tuturnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar