Rabu, 17 April 2013

Timses Dibatasi Hanya 30 Orang

19 April Pengundian Nomor Urut Cabup –Cawabup OKI

KAYUAGUNG - Setelah melakukan berbagai agenda Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kembali akan menggelar berbagai agen da penting yakni penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon bupati (cabup) dan wakil bupati (Cawabup) OKI periode 2014 – 2019.

Kepala KPUD Abdul Hasmid Usman melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Teknis dan Hubungan Masyarakat(Hub-Mas), Dedi Irawan kepada koran ini, kemarin (16/4) mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan berkas, maka pada tanggal 18 April mendatang pasangan bakal calon (balon) bupati dan balon wakil bupati (wabup) yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan dari balon menjadi calon resmi melalui rapat pleno KPUD.

Selanjutnya, pasangan cabup dan wabup yang telah ditetapkan oleh KPUD, akan dilakukan pengundian nomor urut melalui penetapan rapat pleno terbuka yang akan digelar di Gedung Kesenian Kayuagung, pada 19 April mendatang.

“guna menghindari terjadinya bentrok atar pendukung, setiap pasangan calon maksimal hanya boleh membawa tim pendukung 30 orang untuk masuk ke Gedung Kesenian, “tegas Dedi Irawan.

Berdasarkan hasil pendaftaran kandidat cabup cawabup yang masuk ke KPUD, lanjut Dedi terdapat sebanyak 6 pasang yang siap berkompetisim yakni dari jalur dukungan partai politik (Parpol) sebanyak 4 pasangan yakni Hj Tartilah Ishak dengan Arif Akhadi didukung Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang (PBB), Iskandar SE – M Rifai didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Paorpol Hati Nurai Rakyat (Hanura), Gerakan Indonesia Raya (Gerinda), Partai Keabngkitan Bangsa (PKB) dan parpol lainnya.

Selanjutnya pasangan HM Yusuf Mekki – Tri Kuncoro Hadilukito didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan pasangan Zaitun Mawardi Yahya - Herman Thalib didukung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan parpol lainnya. Kemudian untuk balon bupati dan wabup yang mendaftar melalui jalur dukungan indevendent sebanyak 2 pasangan, yakni H Bahir Alamsyah – Baharudin dan Sri Anggraini – Suyahman.

Semua pasangan tersebut, telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga telah dilakukan verifikasi berkas pencalonannya. “Secara umum untuk dukungan pasangan sudah mencukupi sesuai ketentuan, kendati demikian penetapan resminya tunggu pada 18 April mendatang dan pengundian nomor urutnya pada 19 April, “jelas Dedi.

Dedi berharap tahapan Pilkada OKI, dari proses pendaftaran hingga selesai penghitungan suara dan penetapan cabup – cawabup periode 2014 – 2019 berjalan lancar, damai, aman dan kondusif. (dri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar