Senin, 29 April 2013

Disnakertrans Rekrut Tenaga Kerja ke Batam



KAYUAGUNG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bekerjasama denga perusahaan yang bergerak di bidang elektronika di batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan melakukan perekrutan tenaga kerja untuk ditugaskan di Batam.
Guna merealisasikan hal tersebut, Disnakertrans OKI melalui sosialisasi untuk memberitahukan kepada masyarakat luas, terutama pencari kerja (Pencaker) di Daerah Kabupaten OKI untuk perekrutan tenaga kerja itu.  “Dengan adanya perekrutan tenaga kerja ini, para pencaker telah memulai mendaftarkan diri Disnakertrans, “ungkap Kepala Disnakertran OKI, Sumijarno SSos melalui pegawai Pencaker, David Sahat.
Menurutnya,perkerutan tenaga kerja ke Batam inim hanya dibutuhkan sebanyak 15 orang se Sumatera Selatan (Sumsel).  Dan bagi mereka yang lolos seleksi pencaker tidak dikenakan biaya sepersenpun alias gratis.
“Untuk perekrutan tenaga kerja ke Batam ini dilakukan oleh petugas WIK yang bergerak di bidang elektronik, dan dalam perekrtutan dilakukan secara selektif sesuai dengan kemampuannya, “jelasnya.
Perekrutan tenaga kerja ini yang dibutuhkan adalah khusus kaum perempuan saja dengan ketentuan usia maksimal 25 tahundan tinggi badan 150 cm serta lulusan SMA sederajat.  “Jadi bagi pencaker yang telah mendaftar nanti langsung dibawa ke Palembang untuk mengikuti tes tertulis dan apabila lulus tes tersebut barulah mereka dikerjakan ke Batam.\, “tambahnya.
Sebenarnya, Kata David, pencaker Kabupaten OKI jumlahnya cukup banyak, tetapi kebanyakan dari para pencaker tersebut tidak mencari informasi kerja di Disnakertrans, sehingga sering terdengar banyak pencaker yang tertipu.  Terkadang ada yang sampai pada tempat kota tujuan kerjam , mereka tidak diperkerjakan dan akhirnya terkntung-kantung .  selain itu juga telah tertipu oleh calo hingga puluhan juta rupiah.
“Kita berharap, kepada para pencaker jangan sampai dimanfaatkan oelh calo yang tidak bertanggung jawab.  Jadi jika ingin mencari info pekerjaan datanglah ke Disnakertrans, karena semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang terdata dan dapat dipertanggung jawabkan cukup banyak.

1 komentar: