Selasa, 30 April 2013

Timses Cabub Bersitegang Dengan Panwalu

KAYUAGUNG – Penertipan baliho Calon Bupati (cabup) dan Calon Wakil Bupati (cawabup) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dilakukan Panwaslu OKI dan Sat Pol PP kemarin (24/4)  sempat terjadi  ketegangan. Salah satu tim sukses calon Bupati OKI Iskandar-Muhammad Rivai,  di Desa Muara Baru, Kecamatan Kayuagung sempat tidak terima lantaran spanduk dan baliho Jagoan mereka dilepas paksa oleh Sat Pol PP dan Panwaslu.

" Mengapa tiba tiba baliho pak Iskandar kalian lepas, siapa yang perintahkan kalian," kata tim sukses tersebut yang saat itu mengahpiri rombongan Sat Pol PP dan panwaslu yang menurunkan seluruh baliho dan spanduk para cabup dan cawabup termasuk Cagub dan Cawagub Sumsel.

Melihat ketegangan yang terjadi akhirnya Ketua Panwaslu OKI, Deri Siswadi, yang memimpin langsung penertipan itu menengahi keributan tersebut,  bahwa penurunan baleho dilakukan sudah mengacu dengan undang-undang pemilu dan sebelumnya juga Panwalu telah mengirimkan surat kepada seluruh tim sukses Cabu-Cawabub OKI.

Isi himbauan itu agar timses masin-masing segera menurunkan  baliho dan spanduk calon yang didukungnya sebelum memasuki masa kampanye pada tanggal 20 Mei – 2 Juni mendatang. " Saya semalan sudah bertemu dengan pak Tarmudi (timses Iskandar) untuk izin menurunkan spanduk ini katanya silahkan," terang Deri kepada timses yang tak terima baliho Iskandar.

Untuk menenangkan tim sukses tersebut, yang bersangkutan menelpon Tarmudi untuk memastikan kebenarannya. Setelah dipastikan diapun melemah dan menerima untuk  dilepas baleho bergambar jagoannya itu. Namun karena takut dibawah kedalam mobil Panwaslu akhirnya timses tersebut berinisiatif menurunkan sendiri spanduk dan baliho Iskandar-M Rivai, dan menyimpannya sementara untuk dipasang kembali pada tanggal 20 Mei nanti.

Tak lama ketegangan mencair, tiba tiba timses Iskandar lainnya dengan menggunakan mobil Strada bergambar Iskandar, yang diketahui bernama Kodir dan Iskandar ZA yang merupakan mantan kepala dinas pemuda dan olahraga OKI, menghampiri Ketua Panwaslu untuk meminta bersikap netral dalam menurunkan spanduk dan baliho cabup dan cawabup." Bapak Panwaslu kan, kami minta seluruh spanduk calon lainnya juga diturunkan, jangan hanya baleho pak Iskandar –M Rivai saja," pintanya sambil berlalu.

Ketua Panwaslu OKI, Deri Siswadi, mengatakan sebelumnya pihaknya telah memberitahukan kepada timses masing masing untuk menurunkan baliho dan spanduk. Namun ternyata belum dilakukan, jadi terpaksa hari ini pihaknya secara paksa yang menurunkannya yang bekerjasa dengan Sat Pol PP. “Penurunkan baliho dilakukan di seluruh kecamatan, jika tidak selesai dalam satu hari akan akan dilanjutkan di hari selanjutnya," ujar Deri.(m rohali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar