Selasa, 03 September 2013

PEMBUATAN SKCK MENINGKAT 200 PERSEN


IRDESS, INDRALAYA, OI  – Permintaan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Ogan Ilir meningkat hingga 200 persen. Hal ini dampak dari bakal adanya penerimaan CPNS.
“Naik drastis pembuatan SKCK, ini tidak terlepas dari adanya rencana penerimaan CPNS. Kalau biasanya hanya lima sampai 15 sehari yang dibuat, saat ini bisa mencapai 50. Naik 200 persen lebihlah,” ujar Bintara Urusan SKCK Polres Ogan Ilir, Briptu Dewan Tri Zedy sembari sibuk melayani pembuatan SKCK, Senin (2/9).
Dia mengaku, untuk bulan ini pihaknya belum melakukan rekap berapa banyak yang buat SKCK selama Agustus lalu. Namun, pada Juli ada sekitar 700 lebih yang buat SKCK. “Kalau diperkirakan Agustus lebih dari 1.000 yang buat SKCK,” ungkapnya.
Dari sekian banyak yang buat SKCK, rata-rata adalah warga yang ingin mengikuti seleksi CPNS. “Kalau persentasenya 80 persen untuk ikut tes CPNS, sisanya untuk masuk secaba dan lain-lain,” kata dia.
Tri menambahkan, pihaknya melakukan pekerjaan membuat SKCK ini usai apel sekitar pukul 07.30 hingga waktu pulang pukul 15.00. “Kita lihat juga, kalau yang buat dari daerah jauh, kita rela tutup jam 16.00, bahkan pernah pukul 17.00 kita baru tutup kalau formulirnya masih ada,” terangnya.
Untuk formulir pembuatan SKCK, lanjut Tri, pihaknya dalam setahun hanya dijatah 2.000 lembar. “Stok saat ini masih ada, karena ditambah stok kemarin yang masih banyak tersisa. Jika kurang, ya kita minta tambah pada pihak Polda,” imbuhnya.
Disinggung mengenai syarat pembuatan SKCK, dia mengatakan, diantaranya berupa fotokopi KTP satu lembar, KK satu lembar, sidik jari satu lembar, dan selembar pas foto 4 x 6 berwarna.
“Yang terpenting surat rekomendasi dari pihak Polsek, kalau tidak ada ini tidak bisa. Syarat lainnya berupa mengisi formulir daftar pernyataan dan kartu TIK. Untuk biaya PNBP SKCK Rp10 ribu tentang jenis atas penertiban negara bukan pajak,” tuturnya.
Terpisah, salah satu pembuat SKCK, Mila, warga Indralaya, mengaku membuat SKCK untuk keperluan mengikuti seleksi CPNS yang akan diadakan September ini. “Buat baru nian, karena kebetulan saya baru lulus kuliah,” kata dia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar