Selasa, 21 Mei 2013

Pemkab OKI terus Inten Mekarkan Pantai Timur



KAYUAGUNG – Wacana pemekaran wilayah pantai timur segera jadi kenyataan hal tersebut karena pemerintahan kabupaten OKI, saat ini terus inten berusaha memekarkan eilayah timur bumi bende seguguk ini, sebagai kabupaten barum hal ini bertujuan agar pembangunan wilayah timut lebih fokus dan lebih baik, karena selama ini pembangunan infrastruktur OKI belum seimbangn antara timut dan barat.

Hal ini diungkapkan oleh sekretaris daerah kabupaten OKI, Rusalan Bahri, beberapa waktu lalu.  Menurut dia pemkab OKI sudahh berupaya meksimal dan pemekaran itu, sudah diperjuangkan sejak 11 tahun silam,  namun baru sekarang akan segera terealisasi.  :kita terus intendan kerja keras mengupayakan agar pantai timur dapat segera di mekarkan, “katanya.

Dijelaskannya, bahwa tim dari kemendagri sudah turun ke wilayah timur OKI, untuk melihat kondisi wilayah tersebut apakah sudah memenuhi syarat untuk segera dimekarkan.  “Ada 11 kriteria yang harus dipenuhi untuk pemekaran, dan semuanya sudah tepenuhi sebagai syarat  pemekara, “ungkapnya.

Dijelaskannya, usulan pemekaran itu dibahas di DPRD OKI melalui rapat paripurna 29 Maret 2010 lalu.  Wilayah pantai timur terdiri dari 5 kecamatan,87 desa dan keluraha dan luas wilayah sekitar 13 ribu KM pesegi.

:Luas OKI saat ini sekita 19 ribu KM persegi.  Luas pantai tmur sekitar 13 KM persegi, memang lebih luas dari OKI sebagai kabupaten induk karena pantai timur sebagian besar wilayahnya perairan dan rawa-rawa, “ungkapnya.

Sementara berdasarkan hasil kajian badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) kementerian dalam negeri Republik Indonesia bekerja sama dengan pemerintahan (pemkab) OKI telah menyatakan pentai timur layak untuk dimekarkan.

“Dari berbagai penilaian di lapangan yang selama ini dilakukan, calon kabupaten mur dirpantai timur direkomendasikan untuk menjadi kabupaten bari dengan kategori MAMPU, dan OKI sebagai kabupaten induk, juga dinilai MAMPU, sehingga direkomendasikan untuk tetap menjadi kabupaten meskipun kehilangan 5 kecamatan yang akan memjadi kabupaten batu, “ungkap ketua balitbang kemedagri Drs Teguh Nugroho Msipada acara ekspose pemuthiran data kajian pemekaran eilayah kabupaten OKI, di Hotel Acacia jakarta,pada maret lalu.

Sebelumnya H Ishak Mekki pun selaku bupati OKI, sangat getol memeprjuangkan pemekaran pantai timur, karena OKI memiiki wilayah yang teramat luassebagai kabupaten, bahkan lebih luas dari provinsi banten dari provinsi gorontalo dan sedikit lebih luas dari jawa barat.

Rentang kendati ini terlalu amat luas,pelayanan kepada masyarakat jauhm pembangunan infrastruktur mengalami kendala, laju ekonomi juga tersendat.  Karenanya satu-satunya jalan keluar yaitu dengan pemekaran wilayah denga harapan masyarakat di kawasan ini akan lebih sejahtera.

Sementara itupresedium pemekaran pantai timur OKI, Haysen Hower didampingi beberapa tokoh pantai timur lainnya seperti sang dewi rusmini nuryadi, H Bastoni Baridun, H Adam Malik mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemkab OKI.

“Mewakili mesyarakat pantai timur, kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas upaya keras bupati OKI untuk mendorong percepatan pemekaran pantai timur OKI.  buktinya semua persyaratan dilevel kabupaten sudah dirampungkan karenanya kepada 50 kepala desa di kawasan pantai timur yang hadir agar segera menginformasikan kepada warga tentang kabar baik ini, dan kita berharap hasil penelitian ini terus dikawal hingga ke tingkat pusat, :ungkap Haysen Hower.

Haysen Hower dan tokoh pantai timur lainnya juga menapik isu yang berkembang bahwa pemkab OKI menghambat pemekaran Pantai Timur.  “kita lihat sendiri bagaimana usaha Pak Ishak untuk memekarkan patai timut.  Kami harap masyarakat jangan termakan isu yang tidak benar oleh sekelompok orang yang ingin mengambil keuntungan, “tegasnya.

Terpisah, di hotel Aila Matraman jakarta, anggota komisi II DPR RI H Taufik Hidayat di hadapan presedium dan 50 kades serta cama dalam wilayah pantai timur OKI, mengatakan draf pemekaran pantai timur sudah masuk dalam angenda pambahasana DPR RI.  Hasil yang diperoleh dari penelitian balitbang menurutnya adalah modal besar untuk mempercepat pengambilan keputusan pemekaran pantai timur menjadi kabupaten baru.

“Hasil penelitian dari balitbang kemendagri ini nilai posditif bagi pantai timur untuk segera dimekarkan.  Kita berharap agenda pemekaran pantai timur dapat segera dibahas di DPR sehingga dalam tahun 2013 ini keputusannya apat diambil, “jelas taufik disambung tepuk tangan hadirin. (rel/nis/dri)

Sementara salah seorang anggota DPRD OKI, yang juga merupakan tokoh pantai timur, Drs Sang Dewi Rusmin Mutyadin, ketika dikonfrmasi kepada koran ini, kemarin (20/5) mengatakan, usulan pemekaran daerah ini didasari ats semangat dan keinginan dari bawah terhadap percepatan pembangunan, sebab luas wilayah OKI yang mencapai 19.023 KM2 menyebabkan tidak terawat.  “Selama ini tersedatnya pemekaran lantaran persyaratan tetapi sekarang pensyaratan itu sudah terpenuhi, pemekaran sudah menajdi keharusan untuk mempercepat akselerasi pembangunan, “tandasnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2007 lalu, DPRD OKI telah melakukan kerjasama dengan Universitas Padjajaran Bandung untuk melakukan study kelayakan terhadap rencana pemekaran, pada saat itu hasilnya pantai timur layak untuk dimekarkan, dan DPRD sendiri telah menyerahkan rekomendasi ke Pemkab OKI perihal pemekaran tersebut, dan kini tugas Pemkab yang memang harus betul-betul serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar