Selasa, 21 Mei 2013

6 Cabup OKI Diarak Keliling Kota

KAYUAGUNG –Arak-arakan sudah menjadi tradisi di Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kali ini  6 pasangan calon Bupati (cabup) OKI yang akan bertarung tanggal 6 juni mendatang di arah keliling kota Kayuagung, hal ini sekaligus sebagai tanda bahwa pelaksanaan pemilu kada di Kabupaten OKI berlangsung emarak, damai  dan aman.
Pawai 6 pasangan kandidat ini diselenggarakan oleh Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten OKI, dalam rangkaian deklarasi kampanye damai. Aarak-arakan dimulai dari taman segitiga emas di lepas langsung oleh Wakil Bupati OKI Engga Dewata Zainal. Para kandidat keliling menggunakan mobil dengan atap terbuka keliling kota Kayuagung di iringi oleh tim sukses masing-masing pasangan Cabup.
Pantauan KORAN SINDO Palembang arak-arakan dimulai pukul 11.30  WIB dan finis di Posko pemenangan masing-masing di dalam kota Kayuagung. Satu pasangan calon dibatasi hanya diiringi oleh 5 mobil dan 10 unit sepeda motor dari Tim sukses, urutan pawai sesuai dengan nomor urut masing-masing.
Sayangnya beberapa calon bupati tidak hadir dalam arak-arakan tersebut dan hanya diwakili oleh wakilnya saja. Mereka yang tidak ahdir Cabup Iskandar yang hanya diwakili oleh wakilnya Muhammad Rivai, kemudian kedua calon independen Sri Anggaraini hanya diwakili oleh wakilnya, begitu juga Brigjen Purn Bahir Alamsyah yang diwakili wakilnya Baharudin Ali.
Di urutan pertama kandidat nomor urut 3 yakni Zaitun Mawardi-Herman Thalib, urutan kedua kandidat nomor urut 4 pasangan Iskandar SE- M Rifai, selanjutnya nomor urut 5 pasangan Hj Tartila Ishak-Arif Akhadi dan terakhir nomor urut 6 pasangan Yusuf Mekki-Kuncoro Hadilukito.
“Walaupun beberapa Calon Bupati tidak hadir hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan pawai dan penandatanganan deklarasi Kampanye damai, karena beberapa cabup yang tidak hadir diwakili oleh wakilnya masing-masing,” Kata ketua KPUD OKI Abdul hamid Usman.
Menurut Abdul Hamid, pihaknya telah menyampaikan jadwal kampanye kepada masing-masing pasangan calon."Kami harapkan semua pasangan calon mematuhi jadwal kampanye yang  sudah ditentukan oleh KPU, yang terpenting menggelar Kampaye dengan Damai, dengan adanya arak-arakan ini menunjukkan bahwa Kampanye di OKI memang semarak dan berlangsung damai," katanya.
Ketua Panwaslu Kabupaten OKI Deri Siswadi mengimbau kepada seluruh tim para kandidat dan masing-masing tim sukses harus siap menang dan siap kalah.” Jika nanti ada yang tidak puas dengan hasil pelaksanaan pilkada OKI jangan sampai mengambil tindakan anarkis, jika ada kecurangan silahkan gugat ke MK jangan berbuat anarkis,” tegas Deri.
Begitu Juga Kapolres OKI AKBP Agus Fatchulloh menegaskan kepada seluruh tim sukses yang berbeda paratai dan yang berbeda dukungan untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan pilkada OKI.” Tim sukses harus meningkatkan koordinasi dengan Polisi terutama saat menggelar kampanye akbar, pelaksanaan Pilkada OKI harus berjalan dengan damai,” pungkasnya.
Selain penandatanganan deklarasi kampanye damai, kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Anisatul Mardiah, M.Ag itu meberikan para kendidat untuk menyampaikan misi-visi kepada tim suksesnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar