Sabtu, 20 April 2013

6 pasangan Cabup Cawabup Deklarasi Pemilukada Damai

KPUD Gelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut

Rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasanga calon bupati (cabup) dan wakil bupati (cawabup) Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2014 – 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) setempet di Gedung Kesenian Kayuagung, kemarin (19/4) berlangsung sukses.
Dalam rapat pleno tersebut, dipimpin langsung Ketua KPUD OKI, Abdul Hamid Usman dan dihadiri seluruh anggota komisioner KPUD, Ismadi Umar, Ihsan Hamidi, Syamsu Santi dan Idham Halik.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati OKI yang diwakili Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, Edward Candra, Ketua Pengawas Pemilu (panwaslu) OKI, AKBP Agus Fatchulloh SIK, Dandim 0402 OKI, Ketua Kejaksaan Negeri kayuagung para tim sukses dan tokoh masyarakat bersama undangan lainnya serta 6 pasang cabup cawabup yang siap berkompetisi dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) pada 6 Juni mendatang.
Setelah dilakukan pengundian yang dilaksanakan secara terbuka dan demokratis tersebut, akhirnya KPUD OKI menetapkan nama dan nomor urut pasangan cabub cawabup OKI periode 2014 – 2019 yakni nomor urut 1 pasangan H Bahir alamsyah – Baharuddin, nomor urut 2 pasangan Sri Anggraini – Suyahman, nomor urut 3 pasangan Zaitun Mawardi – Herman Thalib.
Selanjutnya nomor urut 4 pasangan Iskandar SE – M Rifai, nomor 5 pasangan Hj Tartila Ishak – Arif Akhadi dan yang terakhir nomor urut 6 pasangan HM Yusuf Mekki – Tri Kuncoro Hadilukio.
Usai pengundian dan penetapan nomor urut tersebut, suasana menjadi ramai dan masing-masing pasangan serta tim sukses menyambut hangat nomor urut yang telah diterima masing-masing pasangan.
Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan pananda tanganan surat persetujuan pemakaian gambar dan nama serta gelar dari masing-masing kandidat baik cabup maupun cawabup.
Setelah mendapatkan nomor urut dan manadatangani persetujuan pemakaian gambar dan nama serta gelar.  Masing-masing calon sepakat untuk menggelar deklarasi Pemilukada Damai, menerima kekalahan dan siap menang yang ditandai dengan penanda tanganan kesepakatan oleh 6 pasangan cabup cawabup, yang diketahui oleh Bupati OKI, Dandim 0402 OKI, kejaksaan Negeri kayuagung, ketua Pengawas Pemilu dan ketua KPUD OKI.
Ketua KPUD OKI, Abdul Hamid Usma, mengatakan deklarasi pemilikada damai menjelang pelaksanaan pemungutan suara yang akan diselenggarakan pada 6 Jui mendatang diharapkan dapat berjalan dengan damai sehingga dapat menigkatkan kualitas demokrasi dan pemilukada yang jujr dan adil.
“Melalui deklarasi pemilukada damai ini, diharapkan masing-masing pihak dapat menciptakan suasana kondusif terutama di lingkungan masing-masing agar terciptanya pemilukada yang damai aman jujur dan adil, tanpa adanya keributan dan hal-hal yang akan dapat menciderai dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilukada ini, “tandas Abdul Hamid.
Adapun deklarasi damai tersebut, ke 6 pasang cabup cawabup mengucapkan naska deklarasi diantaranya siap mewujudkan pemilu bupati dan wabup OKI tahun OKI tahun 2013 yang berkualitas berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai, demokratis dan bermatabat.
Mewujudkan keharmonisan kehidupan masyarakat OKI baik dalam kehidupan beragama, politik, ekonomi, sosial dan budaya, sebelum, selama dan sesudah pemilu bupati dan wabup OKI 2013.  Selanjutnaya masing-masing cabup cawabup menyatakan tidak akan menggunakan cara-cara kekerasan,menghina atau menyerang keharmonisan pasangan calon lain dan mentaati semua peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku, serta beberapa pernyataan lainnya.
Sementara itu, Kepala Tekni dan Hubungan Masyarakat KPUD OKI, setiap tahapan Pemilukada telah diatur dan disusun sesuai dengan jadwal serta aturan yang berlaku.  “Untuk itu, jika memang ada hal-hal yang ragu dan perlu dipertanyakan silahkan datang ke KPUD, “tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar