Selasa, 02 April 2013

2013 Disnakertrans Bakal Tempatkan 200 transmigran



KAYUAGUNG – Setelah sukses melakukan penempatan terhadap 200 KK sebagai peserta transmigransi di Bumi Bende Seguguk tahun 2012, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) OKI, pada tahun 2013 akan kembali menempatkan 200 transmigran.
“Hingga saat ini, Kabupaten OKI masih menjadi salah satu daerah jtujuan utama transmigran di Provinsi Sumatera selatan dan setiap tahun kita telah menempatkan ratusan transmigran.  Dan pada tahun 2013 rencananya kita akan memeprsiapkan penempatan 200 transmigran lagi, “ungkap Kepala Disnakertrans, Sumijarno kepada koran ini.
Dikatakannya, para transmigran yang telah ditempatkan tidak dibiarkan begitu saja, sebab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI serius memperhatikan para warga transmigrasi dalam memenuhi kebutuhannya.
Kita telah menerima 200 KK transmigran pada tahun 2012.  Ini adalah juota terbesar di Sumsel.  Untuk tahun 2013 rencananya juga akan membuka peluang bagi transmigran dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan juga transmigran Lokal, “ujarnya.
Dengan tingginya minat transmigran ke OKI, sambung dia, karena ketersediaan lahan, sarana dan prasarana yang memadai serta perhatian Bupati OKI kepada warga transmigran.  “Bahkan sudah disiapkan rumah sebanyak 200 unit rumah di Desa Gajah Mati yang nantinya untuk ditempati transmigran lokal maupun dari luar daerah, ‘ungkapnya.
Dikatakannya program transmigrasi tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitar, akan tetapi juga berdampak dalam pemerataan pembangunan di daerah-daerah.  “Yang terpenting dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga keuntuhan NKRI, “tukasnya.
Terpisah, sebelumnya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI Abdianto mengungkapkan pertumbuhan perekonomian penduduk di OKI terus mengalami peningkatan, setiap tahun ada peningkatan sebanyak 4.51%, sehingga wajar saja banyak transmigra yang berminat untuk hidup di Kabupaten OKI.
“Pertumbuhan perekonomian penduduk OKI mayoritas didukung dari pertanian dan perkebunan, kita sangat mendukung apa yang diprogramkan oleh Pemkab dalam rangka mensejahterahkan rakyat OKI, terutama dalam program transmigrasi, ‘ungkapnya.
Kedepan berharap selain permukiman dan penyediaan lahan untuk mendukung perekonomian warga transmigrasi, Pemkab juga membangun infrastuktur, transportasi untuk penduduk perairan, karena daerah SP ini sangat sulit dijangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar