Rabu, 06 Agustus 2014

PEMKAB OI DISELIMUTI ASAP


IRDESS, INDRALAYA, OI – Kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) yang terletak di Jalintim Indralaya-Kayuagung diselimuti asap tebal, karena pembakaran lahan secara sengaja. Akibatnya banyak PNS dan masyarakat merasakan sesak nafas serta mata pedih saat bekerja.
Pantauan Media Irdess, kemarin (5/8), terlihat kabut asap putih menyelimuti sejak pagi hingga siang hari. Sera berbantian asap datang setiap 15 menit sekali, terkadang tebal terkadang tipis kabut asapnya.
Salah seorang PNS OI, Iskandar mengaku, gara-gara asap hasil pemkaran lahan, nafasnya menjadi sesak dan mata menjadi perih.
”Aku lupa bawa masker, disini asapnya lumaya tebal. Tapi, Jalintim lebih tebal lagi. Susah klalau begini, setiap tahun bakar lahan sembarangan,” ujarnya.
Warga Indralaya, Berry mengaku, sesak nafas lantaran banyaknya asap yang ditimbulkan akibat lahan yang sebagaja dibakar untuk pertanian warga. ”Bosan tiap tahun begini, sesak nafas batuk flu gara-gara asap, coba pemerintah ada jalan keluarnya,” tutunya.
Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan dan Perkebunan OI, Wawan Wiguna hingga berita ini diterbitkan belum bisa dihubungi.
Sementara BNPB OI, Syakroni mengatakan, di Kabupaten OI baru dua titik hot spot yang terpantau dengan jangkauan wilayah yang luas, pembakaran lahan didominasi di daerah Jalintim dan Indralaya.
Namun, dirinya belum mengetahui sumber api dan daerah yang terbakar, hingga asapnya sampai memenuhi areal Pemkab OI.
”Kita inginnya ada alat yang bisa datangkan hujan buatan, tapi apa boleh buat terkendala dana. Bagaimana lagi jadi kita pailing mengandalkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api,” singkatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar