Senin, 13 Januari 2014

MILIKI JEMBATAN RANGKA BAJA


IRDESS, INDRALAYA, OI – Secara langsung, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kementrans), Selasa (21/1) mendatang dijadwalkan akan meresmikan jembatan rangka baja Desa Tanabang yang menghubungkan desa tersebut dengan Kelurahan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir (OI).
Menurut Kepala Dinas Transmigran, Kabupaten OI, Wilson melalui Kabid Pembinaan Disnakertrans, Saili, bahwa akan diresmikannya jembatan tersebut oleh Kementrans buah dari rapat terakhir persiapan peresmian jembatan tersebut yang dilakukan pihaknya dengan pihak terkait lainnya.
”Rapat yang kita gelar beberapa waktu lalu, dalam membahas persiapan peresmian jembatan transmigrasi yang menghubungkan antara Kelurahan Muara Kuang dengan Desa Tanabang Ulu di Kantor Camat Kecamatan Muara Kuang,” ujarnya.
Hadir dalam rapat tersebut, katanya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OI, H Wilson, SSos, MM, Camat Muara Kuang, Erwin Sani SSos, Kapolsek, Danramil, Pimpinan Puskesmas, KUA, Kacabdin Diknas, Kepala Desa se-Kecamatan Muara Kuang, sesepuh Muara Kuang dan Desa Tanabang Ilir dan Tanabang Ulu dan tokoh masyarakat lainnya.
”Hasil rapat, peresmian jembatan direncanakan Selasa mendatang pada tanggal 21 Januari oleh Kementrans RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Ir H Jamaluddien Malik, MM,” tuturnya.
Dibeberkannya, dibangunnya jembatan tersebut tidak lain untuk memperlancar roda perekonomian di daerah tersebut, dimana memang sebelumnya dua desa tersebut terisolir, karena kalau mau ke kedua desa tersebut harus naik ketek dan perahu untuk menyeberang.
”Sebagai Informasi bahwa di Desa Tanabang terdapat warga transmigrasi sebanyak 250 Kepala Keluarga yang terdomisili di UPT1 dan UPT2,” bebernya.
Lebih jauh katanya, jembatan rangka baja ini berasal dari dana bantuan Kementrans, dan tidak terlepas dari usaha pengajuan pihaknya terutama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI yang proaktif dalam permintaan pembangunan jembatan ini.
”Awal pembangunan ini pada 2011 lalu dengan menggunakan dana APBD saat pemancangan. Selanjutnya untuk rangka baja dan dana pembangunannya dibantu penuh pihak Kementrans,” terangnya.
Lebih jauh tambahnya, untuk panjang jembatan baja ini sendiri 105, dengan lebar sembilan meter. ”Ini bantuan pertama se-Indonesia yang dilakukan pihak Kementrans. Kita sangat bersyukur sekali dan sangat berterima kasih banyak,” imbuhnya.
Ditambahkannya, untuk peresmian yang dilakukan pekan depan ini, selain dihadiri pihak Kementrans juga dihadiri pihak Provinsi Sumsel, Bupati, Kapolres, seluruh pejabat lingkungan Pemkab OI, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar