Kamis, 02 Januari 2014

DEBIT AIR MULAI MENINGKAT


IRDESS, INDRALAYA, OI – Debit air di daerah perairan wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), sudah mulai meningkat sejak beberapa hari terakhir. Hal ini dikarenakan hujan hampir setiap hari turun.
Pantauan Irdess Sumsel, kondisi sungai mulai tinggi dan meluap dan rawa-rawa sudah terlihat layaknya seperti sebuah pantai yang luas. Padahal, kalau lagi surut terlihat jelas bahwa itu adalah rawa-rawa.
Seperti dikawasan Tanjung Putus, yang merupakan kawasan komplek perkantoran terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI, sudah seperti sebuah danau yang luas atau pantai.
Begitu juga terhadap kondisi sungai Ogan dan sungai Musi yang ada di wilayah OI. Seperti di kawasan Kecamatan Pemulutan, air sungai mulai meninggi dan tekanan air cukup deras.
Bahkan luapan air sungai sudah memasuki rawa-rawa atau persawahan, dan menggenangi halaman rumah warga yang tinggal di bantaran sungai.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab OI, Drs A Syarkoni SSos MM mengatakan, memang pada setiap dipenghujung tahun akan terjadi peningkatan intensitas hujan dan berlanjut pada di awal tahun.
Akibat tingginya intensitas hujan tersebut, membuat sungai menjadi meluap dan memasuki persawahan dan menggenangi halaman rumah penduduk.
Untuk itu, diminta kepada masyarakat untuk siaga satu dalam menanggulangi bencana banjir yang bakal terjadi, mengingat wilayah Kabupaten OI mayoritas sebagian diisi dengan wilayah perairan. ”Kami minta kepada masyarakat untuk siaga satu dalam mengantisipasi bencana banjir,” ujarnya.
Dikatakannya juga, pihaknya juga sudah menyiapkan personil tagana yang sudah dilakukan pelatihan dan pembinaan, sehingga setiap waktu bisa tenaganya dibutuhkan siap melakukan tugasnya untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

”Begitu juga kebutuhan logistik, seperti tenda, perahu karet juga sudah disiapkan bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” bebernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar