Rabu, 13 November 2013

JALAN POROS KEMBALI RUSAK


IRDESS, KAYUAGUNG, OKI –  Sampai saat ini kondisi jalan poros Desa Kayulabu, Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten OKI yang merupakan satu-satunya jalan menuju dua kecamatan di Kabupaten OKI kondisinya masih memprihatinkan.
Sepanjang jalan poros menuju Kecamatan Cengal dan Sungai Menang OKI masih terdapat yang rusak. Padahal jalan tersebut baru saja diperbaiki. Tak hanya itu, dengan kondisi jalan yang rusak dimanfaatkan oleh ’Pak Ogah’ untuk meminta uang kepada para pengendara yang melintas.
Pantau di lapangan, kemarin (12/11), kondisi jalan tanah liat membuat kendaraan sulit melintas. Apalagi saat turun hujan, jalan lengket dan berlumpur. Sehingga jangan harap bisa melintas jika tidak memakai kendaraan double gardan. Kerusakan yang sangat parah terletak di Desa Kayulabu, Kecamatan Pedamaran Timur.
Mat Budi, salah satu sopir travel Sungai Menang-Palembang mengatakan, kondisi rusaknya jalan poros tersebut sudah sejak dua minggu terakhir, walaupun sebelumnya pernah diperbaiki.
”Jika hujan sangat susah dilalui, sementara jika kondisi panas jalan akan berdebu,” ujarnya.
Dikatakannya, memang kerusakan jalan itu masih bisa dilalui, karena ada kelompok Pak Ogah yang memperbaiki jalan tersebut dengan beberapa kayu agar bisa dilewati kendaraan.
”Tapi kalau malam hari, pak Ogah itu mengambil kesempatan meminta uang lebih banyak kepada setiap kendaraan truk yang melintas,” terangnya.
Hal senada juga dikatakan Slamet, seorang pedagang kalangan yang seminggu sekali melintas jalan tersebut menuju Kota Kayuagung. ”Susah jalan rusak, kita juga jualnya mahal karena biaya bensin di eceran sudah naik dan kondisinya sulit,” bebernya.
Sementara itu menurut anggoat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI, Sang Dewi Rusmin Nuryadin, beberapa tahun terakhir ini pemerintah sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan poros Sepucuk Sungai Menang itu. Tetapi pihaknya tidak begitu jelas mengapa hanya sedikit saja yang diperbaiki.
”Sudah tidak asing lagi jika kondisi jalan poros Pedamaran Timur menuju Cengal atau Sungai Menang itu sulit dilewati. Padahal sebelumnya sudah dianggarkan untuk diperbaiki, tetapi sampai saat ini kondisinya masih memprihatinkan. Kedepan Bupati Oki yang baru harus mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki jalan poros menuju tiga kecamatan itu,” tukasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar