Senin, 25 Maret 2013

Pelatihan SP 2013 dipusatkan di 9 titik



KAYUAGUNG – Sebanyak 920 petugas Sensus Pertanian 2013 yang sebelumnya telah direkrut dari 312 desa dan 18 kecamatan dalam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), akan dilatih.
“Pelatihan para petugas ini akan dilaksanakan pada April mendatang, dan dipusatkan di 9 titik dalam wilayah Kabupaten OKI.  Hal ini dilakukan untuk mempermudah para peserta yang radiusnya sangat jauh dari ibukota Kayuagung.  Untuk pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 20 hari, “kata kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKI, Edi Subeno SE MSi, saat dihubungi kemarin.
Edi menjelaskan, kesembilan tempat pusat pelatihan itu terdapat di Kecamatan Kayuagung, Tulung Selapan, Lempuing, Lempuing Raya, Mesuji Makmur, Mesuji Raya, Air Sugihan, dan kecamatan Sungai Menang terdiri dari dua tempat yakni di Desa Sungai Sibur dan di Mahyuni Mandira.
Lanjutnya, dari sekian banyak petugas yang ada dalam pelatihann terdiri dari 46 kelas, untuk tenaga pengajarnya berasal dari petugas BPS Provinsi dan dari petugas BPS Kayuagung sendiri.  Hal ini untuk menambah pengetahuan para petugas dalam melaksanakan tugasnya di lapangann pada wal Mei mendatang.
Dikatakannya, petugas nantinya dalam melaksanakan tugas, akan langsung berhadapan dengan masyarakat dengan mengunjungi dari rumah ke rumah, untuk melakukan pendataan keadaan anggota rumah yang bersangkutan mengenai pertanian, perkebunan, perternakan dan lainnya termasuk juga mengenai menangkap ikan.
“Petugas akan mendata secara rinci,  termasuk luas sawah, kebun, hewan ternak dan lainnya yang dipelihara, luas sawah dan lainnya, “terangnya.
Sambung dia, untuk petugas di setiap desa bukan 1 orang petugas  saja, tetapi apabila suatu desa itu banyak potensinya, maka dapat dilakukan satu atau dua orang petugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar