Selasa, 06 Mei 2014

SOAL BAHASA INDONESIA BANYAK SALAH


IRDESS, INDRALAYA, OI – Jika saat Ujian Nasional (UN) SMA kemarin soal Bahasa Indonesia terdapat biografi salah seorang calon presiden RI, kali ini soal UN tingkat SMP banyak terdapat kesalahan. Meski sudah diatasi panitia ujian, tetap saja kesalahan soal tersebut mengganggu konsentrasi para siswa.
Data yang dihimpun Irdess Sumsel, kesalahan terdapat pada beberapa soal dalam naskah ujian. Diketahui, soal yang dianggap salah yakni soal dengan nomor 1-12 dan soal nomor 39-50.
”Sebelum didistribusikannya soal UN dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel menuju Ogan Ilir, kesalahan soal sudah diketahui pihak Disdik Sumsel dan pusat. Sehingga saat itu juga pihak provinsi mengganti beberapa soal yang dianggap salah dengan soal yang baru,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir Drs Sidharta melalui Kasi SMP/SMA Marsudi, Senin (5/3).
Lebih jauh dia menjelaskan, kesalahan soal terdapat di 3 naskah soal. Namun, kesalahan tersebut sudah disosialisasikan kepada siswa sehari sebelum UN dilaksanakan. ”Dan Alhamdulillah semua siswa sudah faham, dan saat kita kroscek ke lapangan semuanya berjalan lancar tanpa kendala apapun. Kepada siswa kita minta soal nomor 1-12 dan soal nomor 39-50 dicoret dan jangan dibaca, melainkan penggantinya pada soal baru,” ujarnya.
Untuk lebih spesifik kesalahan soal Bahasa Indonesia ini Marsudi enggan berkomentar lebih jauh, karena dirinya merasa penggantian soal tersebut merupakan perintah dari Dinas Pendidikan Provinsi dan itu juga perintah dari pusat.
”Kami selaku pelaksana di daerah cuma bisa menuruti perintah dari provinsi dan pusat, katanya begitu ya kita turuti,” imbuhnya.
Saat media ini mengunjungi sebuah SMPN 1 Indralaya untuk mengetahui kesalahan soal tersebut, baik Kepala Sekolah maupun guru dan pengawas enggan untuk menjelaskan dan memberi tahu kesalahan 23 soal ini, namun seorang siswa membenarkan jika dirinya dan teman-temannya disuruh mencoret 23 soal yang dianggap salah dan diberi soal yang baru.
”Kalu dak salah kak ado pertanyaan tentang calon presiden,” singkatnya sambil berlalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar