Sabtu, 05 April 2014

BANYAK WARGA TAK TAHU JUMLAH KERTAS SUARA


IRDESS, INDRALAYA, OI – Hari pencoblosan pemilihan legislatif (pileg) tinggal beberapa hari lagi. Tapi ternyata, masih banyak warga pemilik hak suara belum tahu berapa lembar surat suara yang harus mereka coblos nanti. Jauh harapan warga telah siap calon-calon wakil rakyat yang bakal mereka pilih.
Seperti diakui Imron, warga Desa Ulak Segelung, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Ketika berbincang dengan Irdess Sumsel, Kamis (3/4), dia mengatakan surat suara yang harus dicoblos ada dua lembar. “Ada dua, emangnya ada berapa pak? Ya, kami tidak tahu pak, selama ini tidak pernah pihak KPU terjun langsung ke desa kami untuk sosialisasi terkait ini,” ujar Imron.
Dia pun meminta Irdess Sumsel menanyai warga lain di desa itu, dan dia yakin warga lain juga tidak tahu jumlah surat suara yang akan dicoblos. Menurut Imron, seharusnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan sosialisasi ke desa-desa, agar masyarakat desa tahu dan bisa melakukan pencoblosan dengan baik dan benar. “Tidak pernah sama sekali pak, selama ini, jadi wajar kalau kami tidak tahu,” imbuhnya.
Hal senada juga diungkapkan Den, warga Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu. Den sendiri mengatakan hanya satu lembar surat suara yang harus dicoblos nanti. “Kan selama ini, jika kita melakukan pemilihan bupati, kertas suaranya satu,” kata Den.
Setelah diberi tahu kalau surat suara yang harus dicoblos nanti ada empat, Den seolah bingung. “Kami pikir satu kertas suara itu digabung satu, dan dicoblos empat kali. Ya, kan kami tidak tahu menahu pak, kalau diberi tahu seperti ini, ya baru ngertilah,” ujar dia.
Dari penelusuran Irdess Sumsel, dari sepuluh warga yang ditanya, hanya satu orang yang tahu jumlah surat suara yang harus dicoblos. Itu pun ternyata warga tersebut bermukim di Indralaya.

Menanggapi kondisi ini, pihak KPU Ogan Ilir membantah, jika dikatakan belum melakukan sosialisasi terkait kertas suara yang akan dicoblos nanti. “Sudah beberapa kali kita lakukan, mulai dari pertemuan-pertemuan, ke sekolah-sekolah. Termasuk cara mencoblos yang benar,” ujar Ketua KPU Ogan Ilir Annahrir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar