Senin, 06 Mei 2013

Distan OKI Data Alih Fungsi Lahan



KAYUAGUNG – Untuk lahan pertanian di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OI) terutama lahan sawah cukup luas, tetapi dengan berbagai alasan membuat masyarakat atau sejumlah kelompok petani setiap tahun melakukan alih fungsi ladah dari tanaman pangan ke tanaman komoditi.
 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Ir Asmar Wijaya MSi, melalui Kasi Pengelolaan Lahan Syarifudin SP mengatakan, setiap tahun alaih fungsi lahan selalu terjadi yaitu kahan dari tanaman pangan ke perusahaan lain dengan berbagai komoditi yang dihasilkan seperti, karet, kelapa sawit dan lainnya.

“Setiap tahun, selalu sja ada alih fungsi lahan dari tanaman pangan ke komoditi lainnya dan bidang perusahaan perkebunan, tetapi untuk sekarang ini masih dalam tahap pendataan, “ujarnya.

Syarifudin mengungkapkan dari pendataan petugas di lapangan untuk alih fungsi lahan yang ada saat ini terus dilakukan pendataan dan untuk pendataan alih fungsi lahan ini hingga akhir Agustus nanti baru selesai.

Lanjut dia, Kabupaten OKI mempunyai lahan paertanian yaitu berupa lahan persawahan dengan berbagai tipe cukup luas.  Mulai dari lahan sawah lebak, lahan sawah pasang surut, lahan sawah tadah hujan dan lahan sawah jenis lainnya.

Nah dari sekian banyak jenis lahan sawah itu, tersebar di 18 kecamatan yang ada, seperti untuk Mei ini merupakan musim tanam lahan lebak tang tersebar di 7 Kecamatan.  Dari kecamatan itu terditi dari SP Padang, Pedamaranm Teluk Gelam, Tanjung Lubuk, Jejawi, Pampangan dan Kecamatan Kayuagung sendiri.

Selain itu lahan lebak juga terdapt di kecamatan Air Sugihan tetapi untuk IP 200 dan juga pada kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya dengan IP yang sama 200.  Untuk diketahui walaupun alih fungsi lahan selalu ada setiap tahunnya dan diprediksi capai 5 persen, tetapi untuk kabupaten OKI tetap mempunyai hasil produksi oadi yang banyak, karena lahan produksi padi yang banyak, karena lahan pertanian laus yang tersebar di 18 kecamatan dalam Kabupaten OKI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar